Keluarga memang merupakan kelompok yang paling kecil dalam masyarakat. Keluarga memiliki peranan yang cukup besar untuk kesuksesan setiap orang. Orang-orang yang ingin sukses tentu saja tidak boleh mengesampingkan peran penting keluarga dalam mensupport seluruh kepentingan anaknya. Sebagai keluarga kecil tentu saja peranannya mampu mengalahkan segalanya.

Keluarga menjadi penentu pertama sekaligus sebagai tempat belajar pertama anak-anak. Jadi keluarga memiliki peranan dalam membentuk setiap karakter dan juga kepribadian anak-anaknya. Kepribadian dan karakter yang terbentuk dari dasar keluarga yang kokoh memberikan peranan penting dalam membentuk bagaimana cara anak dalam bersikap dalam menghadapi setiap permasalahan. Sehingga sebagai penentu pertama karakter anak keluarga memiliki kewajiban untuk memberikan pelajaran penting dan berharga untuk anaknya.

Pembentukan karakter melalui dukungan keluarga merupakan salah satu hal yang paling penting. Kedua orang tua harus memiliki peranan penting dalam memberikan pengajaran kepada anaknya untuk memiliki pribadi yang tangguh. Memperkenalkan ketangguhan dan perjuangan yang keras kepada anak bisa dilakukan sejak kecil. Sebab ketika membentuk kepribadian dan diperkenalkan dengan kepribadian yang tangguh sedari kecil, maka ketika anak-anak sudah dewasa kelak akan menjadi orang yang tahan banting.

Mampu menghadapi setiap permasalahan yang dihadapinya dengan baik tanpa sedikit-sedikit merengek meminta bantuan. Sehingga ketika sudah dewasa kelak dan sedang menapaki kesuksesan, maka anak akan terbiasa dengan setiap permasalahan dan akan bisa menghadapinya dengan lebih jantan.

Meskipun peran serta keluarga dalam membentuk karakter anak sejak kecil ikut mennetukan apakah kelak anak akan menjadi pribadi yang tangguh dan sukses, namun ketika sudah dewasa juga anak akan tetap membutuhkan dukungan penuh dari keluarga. Namun demikian dukungan yang diberikan oleh keluarga berbeda dari dukungan yang diberikan ketika masih kecil.

Dukungan keluarga yang diberikan ketika sudah dewasa biasa dalam bentuk memberikan semangat untuk terus maju dan ikut mendukung setiap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh anaknya selama masih dalam koridor hal yang positif. Dukungan-dukungan kecil seperti ini akan sangat berarti untuk anak ketika sudah dewasa yang sedang menapaki jalan panjang menuju kesuksesan. Semangat dan doa yang diberikan tentu saja akan memberikan bekal positif untuk anaknya saat menjalankan apa yang sudah diimpikannya.